tentang Keyakinan

Posted: Mei 10, 2010 in 30193

Pada sebuah jamuan makan malam antara Leonardo Boff, pendiri Theology of Freedom, dengan Dalai Lama, Boff mengajukan pertanyaan kepada Dalai Lama, “Your Holliness, apakah agama yang terbaik?” Boff berpikir bahwa dia akan mendapatkan jawaban “The Tibetan Buddhism” atau “The oriental religion, yang jauh lebih tua dari agama Kristen”.

Ternyata Boff salah duga. Dalai Lama termenung sejenak, dan menjawab dengan tersenyum, “Agama yang terbaik adalah agama yang bisa mendekatkan Anda dengan Tuhan Anda. Agama yang bisa membuat Anda menjadi manusia yang lebih baik.”

Karena malu dengan jawaban yang begitu bijaksana, Boff kemudian melanjutkan bertanya, “Apa yang bisa membuat saya menjadi manusia yang lebih baik?”

Masih sambil tersenyum, Dalai Lama menjawab, “Apapun yang bisa membuat Anda lebih bijaksana, sensitif, mandiri, kasih sayang, empati, beretika, dan bertanggung jawab. Agama yang bisa membawa Anda kesana, itulah agama yang terbaik.”

Dalai Lama kemudian melanjutkan, “Sahabatku, bagi saya tidak penting apa agama Anda ataupun apakah Anda beragama atau tidak. Yang penting bagi saya adalah bagaimana kelakuan Anda dihadapan keluarga, teman, lingkungan, orang lain maupun terhadap dunia. Ingatlah, alam semesta ini adalah pantulan dari tindakan dan pikiran kita. Hukum aksi dan reaksi tidak hanya berlaku di wilayah fisika. Itu juga berlaku pada hubungan antar manusia. Jika kita bergabung dengan kebaikan, maka kita akan menerima kebaikan. Jika kita bergabung dengan kejahatan, maka kita akan menerima kejahatan. Apa yang telah disampaikan oleh nenek moyang kita ini adalah kebenaran yang hakiki. Anda bisa mendapatkan apapun yang Anda inginkan bagi orang lain. Menjadi bahagia atau tidak, itu bukanlah takdir, tetapi itu adalah pilihan. Dan semuanya itu bersumber dari pikiran kita.
peace, love Without Respect

Sumber: Islam Abangan

Permalink: http://islamabangan.wordpress.com/2010/05/06/agama-terbaik

Komentar
  1. aroq mengatakan:

    “Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati,jauh tak terjangkau oleh bukti “.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s